Terduga Penyalur TKW Ilegal Blokir Kontak Wartawan

Makassar, Berita-Kita | Lembaga Komunitas Peduli Lingkungan Ekonomi Sosial L-Kompleks mengendus dugaan praktek perekrutan dan pengiriman Tenaga Kerja Wanita TKW tujuan arab saudi secara ilegal, Senin (10/06/2024).

Temuan tersebut berawal dari pengaduan salah satu TKW yang berhasil melarikan diri dari tempat penampungan yang berlokasi di Jakarta yang disiapkan oleh oknum penyalur berinisial NAR.

Dari pengakuan korban inisial NN, dirinya direkrut oleh salah satu anggota dari penyalur berinisial IT diberangkatkan dari Kalimantan menuju Jakarta untuk kemudian diberangkatkan ke Arab Saudi menggunakan Visa Ziarah.

“Pemberangkatan ini tidak resmi, makanya saya lari dari penampungan, di penampungan kita diajari kalau ditanya dibandara jangan bilang TKW tapi bilang mau jalan jalan dan kami juga diajari kalau ada tetangga rumah (penampungan) bertanya bilang saja keluarga ibu NA, jelas Korban kepada media.

Hasil penelusuruan L-Kompleks yang disampaikan ke media, oknum yang penyalur NAR merupakan pemilik perusahaan yang bergerak dibidang konsultan untuk mengurus tenaga kerja wanita yang berada di Dubai.

“Dari penelusuran kami, Oknum NAR ini merupakan WNI yang bermukim di Dubai dan memiliki perusahaan yang megurusi tenaga kerja wanita dan dari data tersebut kami akan coba cek ke KJRI” jelas Sekjend L-Kompleks Ruslan Angkel, Senin (10/06/2024).

Angkel menambahkan, terkait perusahaa milik NAR, dari aturan yang kami ketahui warga asing di Dubai harus berkongsi dengan orang setempat bila ingin mendirikan perusahaan. Regulasinya tidak memungkinkan untuk warga asing untuk membuat perusahaan sendiri, Harus berkongsi dengan orang setempat untuk perusahaan apapun itu.

Sementara itu hingga berita ini tayang oknum, NAR dan IT saat dihuhungi beberapa awak media via Watsaap dan tlp tidak memberikan respon, bahkan oknum IT telah memblokir salah satu Watsaap wartawan yang ingin meminta konfirmasi. (**)

Related Posts

Stay Connected

20,831FansSuka
3,868PengikutMengikuti
19,000PelangganBerlangganan
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Recent Stories