Kacabdis Pendidikan Wil. II Gowa Gelar Rakor Pengawas SMA, SMK, dan SLB Negeri Lingkup Wilayah II

Gowa, Berita-Kita | Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II Gowa, Firdaus, S. Pd.,M.Pd.,MM membuka Rapat Koordinasi Pengawas SMA, SMK, SLB Negeri di lingkungan Cabang Dinas Pendidikan (Cadisdik) Wilayah II Gowa, bertempat di Al Fitnah School Jl. . Pallantikang I, Tombolo, Kec. Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Rabu (07/02/2024).

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah. II Gowa dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan rakor ini adalah bersinergi melakukan program-program yang harus diselesaikan bersama-sama dan berharap pengawas, sekolah dan Cabdis di tahun 2024 bisa sinergi dan berkolaborasi terkait pembinaan serta hal lainnya tetang pembinaan sekolah, ujarnya.

Beberapa hal yang menjadi masukan dan disepakati bersama antara lain:

READ  Kasubag Umum dan Kepegawaian Disdik Sulsel Respon Positif Penerapan Layanan PTSP

1. Laporan pengawas akan secara periodik per bulan dikirim ke cabdis melalui link yg dibuat oleh cabdis, laporan di kirim ke masing masing Kasi.

2. Pengawas dilibatkan dalam kegiatan rakor kepsek dan MKKS sehingga informasi terkait sekolah serta proker cabdis dapat tersampaikan pula.

3. Diminta kepada Kasi masing masing berkoordinasi dan bersinergi dengan ketua MPKS masing masing terkait memantau kehadiran dan kendala yg ditemui di sekolah oleh pengawas bina masing masing sekolah dan nantinya akan dilaporkan ke korwas bahan evaluasi kinerja pengawas.

4. Perlu adanya komunikasi awal dengan cabdis wilayah lain bila cabdis mengagendakan pertemuan, mengingat pengawas banyak dari luar wilayah Gowa memiliki sekolah binaan juga. Agar pertemuan dapat efisien dan efektif.

READ  Rakor Sekolah Penerima Bantuan DAK Fisik Reguler Tahap II Tahun Anggaran 2024

5. Dimohon Jika ada mutasi guru di wilayah II Gowa, hendaknya ada pemberitahuan juga ke pengawas bina masing-masing sekolah.

6. Mohon SLB swasta dikunjungi secara intensif.

7. Perlu adanya sosialisasi oleh cabdis ke sekolah melalui MKKS SMA, SMK, SLB , terkait tupoksi terbaru pengawas, yaitu
Tupoksi PS lama berdasarkan Permenpan RB No. 21 Tahun 2010, yakni pengawasan akademik dan pengawasan manajerial, tugas Baru pengawas sekolah berdasarkan Permenpan RB No. 1 Tahun 2023 sebagai Pendamping Sekolah Bina dalam peningkatan kualitas pembelajaran, meliputi empat tahapan ; Perencanaan kerja, Pendampingan Perencanaan Program Sekolah, Pendampingan Pelaksanaan Program Sekolah, dan Pelaporan Kinerja .

Ini yg perlu kesepakatan bersama dgn pihak sekolah sehingga terjalin kolaborasi dan sinergitas terkait pembinaan antara cabdis, sekolah, dan pengawas.

READ  Kasubag Umum dan Kepegawaian Disdik Sulsel Respon Positif Penerapan Layanan PTSP

8. kantor Cabdis merupakan kantor pengawas juga, diharapkan pengawas sesekali berkantor di kantor cabang dinas wilayah II Gowa, sehingga ada komunikasi terbangun terkait masalah masalah di satuan pendidikan di Gowa.

Rapat koordinasi ini diikuti oleh 20 pengawas bina SMA SMK dan SLB, ketua MPLS SMA, SMK dan SLB, dan Korwas

Hadir dalam kegiatan ini Kasi PSMK dan PKPLK, Muhammad Sadat Hamzah, S. AP.,M.AP sebagai moderator dan Kasi PSMA, Andi Tasri Palussei, S. Sos, M. Si Cabdis Pendidikan Wilayah II Gowa sebagai notulen. (**)

Related Posts

Stay Connected

20,831FansSuka
3,868PengikutMengikuti
19,000PelangganBerlangganan
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Recent Stories