Makassar, Berita-Kita | Terusik oleh hasil survei Unpad yang menemukan 45,92% wartawan derita gejala depresi di tengah pandemi covid-19, PWI Sulsel tidak tinggal diam. Lewat kegiatan PWI Tanggap Covid-19, PWI sudah berhasil mengumpulkan tidak kurang dari 500 paket sembako. Saat ini sudah ready dan segera disalurkan kepada wartawan yang tergabung dalam PWI Sulsel.

Paket sembako yang siap disalurkan itu diantaranya berasal dari bantuan Gubernur Sulsel dan Alfamidi. Paket sembako sebesar itu selain dibagikan kepada wartawan anggota PWI sulsel, juga akan disalurkan kepada pengurus SPS dan SMSI Sulsel.

“Saya atas nama pengurus PWI Sulsel, juga SPS dan SMSI, menyampaikian terima kasih dan apresiasi kepada bapak gubernur yang betul-betul peduli dengan keadaan ekonomi wartawan yang terdampak pandemic Covid-19,” urai Ketua PWI Sulsel, Agussalim Alwi Hamu, sesaat usai menyaksikan penyerahan bantuan dari Gubernur Sulsel di Kantor PWI, Ahad (17/05/2020).

See also  Rusdi Ucapkan Terima Kasih Atas Rehabilitasi Rumahnya Oleh Satgas TMMD

Direktur Utama Harian Fajar ini sangat mengapresiasi perhatian gubernur. Di tengah kesibukan yang sangat padat, kata Agus, dia masih sempat memikirkan teman-terman wartawan yang terdampak. Diharapkan dengan paket sembako dan bingkisan lebaran tersebut, wartawan anggota PWI Sulsel dapat terbantu. Agus yang dikenal sangat peduli dengan kesejahteraan wartawan ini berjanji akan terus memantau kondisi wartawan anggota PWI yang terdampak.

Salah satu wujud kepedulian Agus yaitu dengan sigap membentuk tim Tanggap Covid-19. Tim inilah yang bekerja selain mendorong pemberitaan yang bebas hoax, juga berupaya mengumpulkan bantuan yang akan diserahkan kepada anggota PWI. Bukan saja kepada yang masih aktif, tapi juga kepada yang sudah pensiun, atau lagi menderita sakit. Bahkan juga kepada janda-janda wartawan yang ditinggal mati suaminya.

See also  Rusdi Ucapkan Terima Kasih Atas Rehabilitasi Rumahnya Oleh Satgas TMMD

“Kami peduli, kami prihatin dengan nasib teman-terman wartawan. Karena itu, atas dukungan penuh Ketua PWI, panitia sudah bekerja keras mengupayakan pengadaan paket sembako sekligus juga paket lebaran untuk anggota yang terdampak Covid-19,” jelas Kordinator PWI Tanggap Covid-19, Ir. H. Suwardi Thahir, M.Kom, di Kantor PWI Sulsel, Ahad (17/05/2020).

Suwardi menyebut akan menyalurkan kepada anggota yang terdaftar memiliki kartu anggota aktif.

“Panitia akan melayani teman-teman wartawan khusus yang mempunyai kartu anggota aktif,” tegas Suwardi.

Data yang diperoleh di sekretariat PWI Sulsel, menyebutkan ada sekitar 700 wartawan anggota PWI, baik Anggota Muda, Anggota Biasa maupun Anggota Kehormatan. Hanya saja, dari jumlah itu, tidak seluruhnya memiliki kartu anggota aktif.

“Sebagian kartunya sudah mati dan tidak pernah diurus untuk diperpanjang,” terang Sekretaris PWI Sulsel, Drs.H. Usman Nukma, M.Si, seraya meminta anggota yang kartunya sudah habis masa berlakunya, agar dapat memperbaharuinya.

See also  Rusdi Ucapkan Terima Kasih Atas Rehabilitasi Rumahnya Oleh Satgas TMMD

Dia mengaku sudah memprevikasi data anggota PWI Sulsel. Karena itu, diharapkan agar anggota PWI yang kartunya berlaku, agar meluangkan waktunya untuk mengambil sembako di Gedung PWI. Syaratnya, kata Usman, gampang. Cukup memperlihatkan kartu anggota yang masih berlaku. Rencananya, distribusi bantuan akan diserahkan mulai Senin, 19 Mei sampai Rabu, 21 Mei.

“Mulai Senin besok sudah langsung kita salurkan kepada yang terdaftar sebagai anggota aktif. Pelayanan dimulai pukul 10.00 sampai 14.00wita,”, terang Penanggungjawab Distribusi, H. Muhtar Arifuddin, dan menyebut paket ini berisi antara lain beras, mie instan, minyak goreng dan gula pasir.

Wartawan anggota PWI juga boleh mengecek langsung kepada panitia distribusi; Kelompok A : H. Muhtar Arifuddin 081342621223, KelompokB : Shelly Lestari 081242151978, Kelompok C : Sutati S Miru 081343792931 dan Kelompok D : Ira 085342006506. (**)