Makassar, Berita-Kita | Salah satu pusat destinasi Kota Makassar, Anjungan Pantai Losari dilakukan sterilisasi diseluruh bagian dengan menyemprotkan air detergen, sodium diclorat dan Hydrogen peroxide.

Anjungan Pantai Losari resmi ditutup sejak 18 Maret sampai 31 Maret 2020 mendatang.

Plt Kepala Damkar Kota Makassar, Taufik Rachmat mengungkapkan, enam unit armada pemadam dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar dan puluhan personil dikerahkan untuk memenuhi arahan Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb sebagai bentuk gerakan melawan Covid- 19.

“Sesuai arahan Pak Wali (Iqbal), hari ini kita menurunkan enam unit armada Damkar dan puluhan personil untuk menyisir sejumlah tempat sesuai rencana yang telah ditetapkan. Satu armada kami khusus untuk menyisir wilayah episentrum di jalan rajawali dimana terdapat korban yang positif Covid-19. Selebihnya di tempat-tempat umum lainnya, seperti Anjugan Losari dan juga yang lainnya,” ungkapnya, Sabtu (21 Maret 2020).

See also  TNI Satgas Pamtas Yonif 131/Brs Wujudkan Harapan Philip Untuk Operasi Katarak

Aksi giat sterilisasi ini disaksikan langsung oleh Pj. Wali Kota Makassar dan melibatkan Damkar, BPBD, PMI, UPT Pantai Losari, Manajemen PT. KIMA, Sucofindo, JasaRaharja, Pelindo, dan PT Perhutani.

Pj. Wali Kota menjelaskan, pihaknya telah melakukan pemetaan untuk mengetahui potensi penyebaran Covid- 19.

“Kita telah memetakan potensi penyebaran virus. Salah satu yang menjadi fokus kita yakni wilayah yang sudah terdapat korban, itu menjadi episentrum untuk proteksi. Satu tim dari Damkar (Pemadam Kebakaran) bertugas khusus disana untuk dilakukan sterilisasi, melakukan penyemprotan disinfektan di sekitar area tersebut,” jelas Iqbal Suhaeb saat di Anjungan Losari.

Selain Pantai Losari, jalan-jalan utama, taman-taman kota, karebosi, fasilitas umum, pusat perbelanjaan di bilangan Jalan Somba Opu turut dilakukan penyemprotan.

See also  TNI Satgas Pamtas Yonif 131/Brs Wujudkan Harapan Philip Untuk Operasi Katarak

Lebih lanjut, Iqbal menyampaikan telah melakukan pemasangan wastafel di tempat terbuka, juga di kantor-kantor pemerintahan.

Selain itu semua tempat orang banyak berkumpul, daerah pertokoan, sejak kemarin dan hari ini serta beberapa hari ke depan akan dicuci menggunakan disinfektan.

“Kita lakukan ini sambil kita minta dukungan warga untuk tinggal dirumah saja,” harap Iqbal.

Pemerintah Kota Makassar kini membuka posko siaga COVID-19, hubungi Nomor Tunggal Panggilan Darurat 112. (**)