FLS2N Untuk Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Resmi Dimulai

Makassar, Berita-Kita | Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) untuk Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) resmi dimulai pada Kamis (27/06/2024).

Acara ini berlangsung 27 hingga 29 Juni 2024 di Hotel Dalton Makassar, Sulawesi Selatan

Dalam laporannya, Ketua Panitia FLS2N PDBK, Salman Kianto Lebang, SE, mengungkapkan bahwa tema yang diangkat tahun ini adalah “Merdeka Berprestasi Talenta Seni Menginspirasi.”

Tema ini mencerminkan harapan agar peserta didik memiliki kesempatan untuk berprestasi dan menggali potensi di bidang seni, dengan tagar merdeka berprestasi talenta seni menginspirasi.

Salman menambahkan bahwa tujuan FLS2N PDBK adalah memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk berkompetisi dan mencapai keunggulan di bidang seni.

Acara ini juga merupakan wadah untuk menampilkan karya kreatif dan inovatif di bidang seni, yang mencerminkan norma budi pekerti dan karakter berbasis budaya bangsa.

“Ajang ini juga bertujuan membangun persahabatan dan karakter peserta didik yang toleran terhadap keberagaman, serta meningkatkan kreativitas dan motivasi untuk mengekspresikan diri di bidang seni,” lanjut Salman.

Ia juga melaporkan bahwa ada sembilan jenis seni yang dilombakan, termasuk cipta baca puisi, cipta komik strip, desain grafis, menyanyi solo, melukis, MTQ, dan pantomim.

Sary Diana Muallim, S.Sos., MM, Kepala Bidang Pendidikan Khusus Layanan Khusus Bahasa dan Sastra Daerah (PKLK BSD) Dinas Pendidikan Sulsel, mewakili Kepala Dinas Pendidikan Sulsel dalam sambutannya.

Ia menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan ajang talenta dan wahana aktualisasi bagi peserta didik berprestasi, serta menjadi momentum untuk menemukenali bakat dan potensi peserta didik.

Sary juga menekankan pentingnya prestasi akademik dan non-akademik yang dapat dicapai melalui pendidikan berkualitas. Ia menyebutkan bahwa kecerdasan yang komprehensif dan bermakna meliputi kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, sosial, dan kinestetik.

Lebih lanjut, Sary menegaskan bahwa penyelenggaraan FLS2N PDBK ini adalah salah satu upaya untuk mengembangkan jiwa seni peserta didik PDBK. “FLS2N ini akan menumbuhkan rasa cinta terhadap seni dan memberikan inspirasi untuk melestarikan seni di Sulawesi Selatan. Keberhasilan pelaksanaan FLS2N ini tak lepas dari semua pihak yang terlibat,” katanya.

Ia juga mengingatkan para peserta dan pendamping untuk menumbuhkan sikap disiplin, rasa percaya diri, toleransi, kompetitif, dan sportivitas. “Khusus bagi para pendamping, agar mendampingi anak-anak kita dengan baik,” pungkasnya.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah pejabat, termasuk Muhammad Syahid, SE, pengawas SLB, Andi Nirmawati, S.Pd, M.Pd, Ketua MKKS SLB Sulsel Faizal Syarif, S.Pd., M.Kes, Kepala SLBN 1 Makassar Andi Hamjan, S.Pd., M.Pd, dan Kepala SLBN 2 Makassar Jamaludin, S.Pd., M.Pd, serta kepala-kepala sekolah SLB se-Makassar. (tim/**)

Related Posts

Stay Connected

20,831FansSuka
3,868PengikutMengikuti
19,000PelangganBerlangganan
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Recent Stories