Makassar, Berita-Kita | Pembukaan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tingkat SMA, SMK dan SLB tahun pelajaran 2021-2022 se Sulawesi Selatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, penyelenggaraannya tahun ini dilaksanakan secara virtual di pusatkan di Ruang Panrita Lt. 2 kantor Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, jalan perintis kemerdekaan KM 10 Makassar, Senin (12/07/2021).

Ketua Panitia MPLS tahun pelajaran 2021-2022, Mirdan Midding yang juga sebagai Kepala Sekolah UPT SMAN 20 Makassar dalam sambutannya menekankan bahwa tidak dibenarkan adanya pungutan dalam bentuk apapun pada pelaksanaan MPLS tahun ini, karena semua anggarannya dicover oleh dana  BOS masing masing sekolah.

Pengantar sambutan juga disampaikan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, H. Heri Sumiharto, SE, M.Ed, berharap agar pelaksanaan MPLS tahun ini saat mengikuti kegiatan kegiatan sekolah baik sarana dan prasarana serta tata tertib terutama bagaimana mengarahkan anak didik untuk tetap mentaati prokes kesehatan yang berlaku selama pandemi covid-19 dan harus disampaikan melalui MPLS ini.

Terkait penanaman pohon Sekdis berharap agar pelaksanaan penanaman pohon dilakukan secara serentak bagi seluruh siswa, baik penanaman dilingkungan sekolah maupun di sekitar tempat tinggal siswa.

Kepala Bidang Pendidikan SMA dalam petunjuk dan arahannya menyampaikan bahwa saat MPLS berlangsung siswa tetap berkemajuan dan tidak mengabaikan nilai nilai yang ada.

Pembukaan MPLS tingkat SMA, SMK dan SLB tahun pelajaran 2021-2022 ini dibuka secara resmi oleh Plt. Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman secara Virtual bertempat diruang kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan.

Sementara itu diruang Panrita Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Prof. DR. Muh Jufri, M.Si, M.PSi. Psikolog didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, H. Heri Sumiharto, SE, M.Ed.

Pembukaan MPLS ini rencananya akan dilaksanakan di SMAN 10 Makassar, namun karena Kota Makassar lagi menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sehingga kegiatan ini dilaksanakan secara virtual guna mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Pelaksanaan MPLS ini berlangsung selama 5 hari, dari tanggal 12 – 16 Juli 2021.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta didik baru tahun pelajaran 2021-2022 dan berpesan kepada seluruh siswa baru untuk selalu meningkatkan potensi dan bermimpilah setinggi bintang serta berpesan :

  • Tetapkanlah tujuan hidupmu dan jangan pernah keluar dari tujuan hidupmu itu.
  • Bangunlah kebiasaan yang baik.
  • Bersikaplah proaktif.
  • Melakukan pengelolaan waktu yang baik.

Nampak hadir dilokasi  Virtual

selain Kepala Dinas pendidikan Provonsi Sulawesi Selatan, Sekretaris dinas pendidikan Sulsel, para kepala bidang, Kasek UPT SMAN 21, Andi Erna. UPT SMAN 20, Mirdan midding, UPT SMAN 10, Dra. Hj. Husaefa Hasan, M.Si. (**)

See also  TNI Satgas Pamtas Yonif 131/Brs Wujudkan Harapan Philip Untuk Operasi Katarak