Gubernur Sulteng Usulkan 3 Lokasi Menjadi Wilayah Pertambangan

0
20

Sulteng, Berita-Kita | Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura mengusulkan Tiga lokasi potensial pertambangan emas di Sulteng agar menjadi Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR).

Hal tersebut disampaikan oleh Tenaga Ahli Gubernur Sulteng M Ridha Saleh, Kamis, (13/1/2022). sebagai tindaklanjut Pemprov Sulteng dari usulan kepala daerah tiga kabupaten itu kepada Kementerian ESDM.

Tiga lokasi pertambangan emas yang diusulkan oleh Gubernur Sulteng yaitu berada di Kabupaten Buol, Parigi Moutong dan Tolitoli.

“Ada tiga lokasi di tiga kabupaten yang diusulkan oleh Gubernur Sulteng bapak Rusdy Mastura ke Kementerian ESDM,” kata Ridha Saleh

Ridha Saleh menerangkan, Gubernur Sulteng Rusdy Mastura telah bertemu dengan Menteri ESDM Arifin Tasrif, di Jakarta pada bulan Desember 2021 dan salah satu pembahasannya yakni mengenai wilayah pertambangan rakyat di Provinsi Sulteng.

See also  L-Kompleks Laporkan Kasus PBJ RSUD Sayang Rakyat ke Polda Sulsel

“Saat itu Pak Menteri bersedia akan membantu Gubernur Sulteng terkait penetapan WPR, nah maka saat ini kami menunggu respons dari Kementerian ESDM terkait usulan penetapan WPR tersebut,” ungkap Ridha Saleh.

Sebelumnya, Gubernur Sulteng Rusdy Mastura mengatakan, wilayah potensial pertambangan, namun belum mendapatkan izin sehingga dianggap tambang ilegal, jika dimungkinkan untuk diubah statusnya menjadi wilayah pertambangan rakyat, maka skema itu akan didorong. Salah satu tujuannya untuk memberi pendapatan bagi desa.

“Tentu semua ini akan dibahas secara detail, dengan melihat semua ketentuan perundangan, termasuk pelaku usaha wajib menyedikan Instalasi Pengolahan Air Limbah dari kegiatan pertambangan, serta jaminan reklamasi lingkungan pascatambang,” pungkasnya. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.