Selayar, Berita-Kita | Antisipasi kebakaran seperti yang Terjadi di Lapas Tanggerang, Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Selayar, Nana Herdiana bersama dengan jajarannya langsung bergerak cepat melakukan sosialisasi kepada seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Selayar dan Pelatihan Pencegahan Bencana Kebakaran, Jumat (10/09/2021).

Pada kesempatan ini, Karutan menyampaikan kepada seluruh WBP agar tidak melakukan hal-hal yang dapat menimbulkan terjadinya kebakaran di dalam Rutan seperti memasukkan barang-barang berbahaya yang dinilai berpotensi mengakibatkan terjadinya kebakaran. Juga termasuk penyalahgunaan aliran listrik dalam blok hunian.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Kakanwil Kemenkumham Sulsel dan Kadivpas terkait mitigasi resiko kebakaran di dalam Lapas dan Rutan.

See also  TNI Satgas Pamtas Yonif 131/Brs Wujudkan Harapan Philip Untuk Operasi Katarak

Olehnya itu, Nana dan seluruh jajaran melakukan berbagai upaya pencegahan seperti penggeledahan di dalam kamar hunian WBP, pengecekan instalasi listrik oleh petugas PLN, serta pelatihan pencegahan bencana kebakaran dengan menggandeng Pemadam Kebakaran (Damkar) Kab. Kep. Selayar.

Pelatihan pencegahan bencana kebakaran dilakukan di lapangan Rutan dan diikuti oleh seluruh petugas Rutan serta WBP. Dalam kegiatan ini Petugas Damkar memberikan edukasi terkait pencegahan serta penanganan awal ketika terjadi bencana kebakaran. Pelatihan dilaksanakan dengan cara demonstrasi langsung penggunaan alat pemadam api ringan (Apar) serta penggunaan kain basah dalam memadamkan api. Terlihat para petugas dan WBP antusias selama demonstrasi pemadaman api.

“Dengan kegiatan ini diharapkan petugas maupun WBP memiliki bekal dalam pencegahan maupun penanganan bencana kebakaran, “ ujar Nana.

See also  TNI Satgas Pamtas Yonif 131/Brs Wujudkan Harapan Philip Untuk Operasi Katarak

Ia berharap agar kejadian yang tak diinginkan terjadi.

“Kami berharap dengan upaya-upaya pencegahan ini, yang tidak inginkan terjadi karena dapat merugikan kita semua,” tambah Nana.

Karutan mengucapkan terima kasih kepada pihak PLN dan Damkar Selayar atas kerjasamanya serta kepada seluruh jajaran Rutan Selayar yang tetap menjaga Rutan tetap aman dan kondusif. (**)