Bone, Berita-Kita | Usai melaksanakan Konsultasi dengan DPRD Kabupaten Bone terkait Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah, rombongan DPRD Kabupaten Jeneponto melanjutkan kunkernya ke Rumah Sakit Umum Tenriawaru Kabupaten Bone dijalan Dr.Wahidin Sudirohusodo Watampone, Sulsel, Kamis (01/04/2021).

Kunjungan Kerja Komisi IV DPRD Kabupaten Jeneponto ke RSU Tenriawaru Kabupaten Bone ini juga masih berkaitan dengan Konsultasi terkait Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah.

Komisi IV DPRD Kabupaten Jeneponto dalam kunker diterima langsung perwakilan direktur RSU Tenriawaru Kabupaten Bone, Dr. Karim bersama Kepala Bidangnya.

Dalam konsultasi tersebut DPRD Kabupaten Jeneponto bersama RSU Tenriawaru Kabupaten Bone membahas Rumah Sakit dan Puskesmas yang menerapkan Badan Layanan Umum Daerah secara teknisnya.

Puskesmas dan Rumah sakit merupakan salah satu badan yang dapat menerapkan BLUD. Untuk menerapkan BLUD, untuk menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) harus memenuhi 3 persyaratan yaitu substantif, teknis, dan administratif.

READ  Ruslan Terima Panggilan Sidang Pembacaan Putusan KIP Sulsel Terkait Kasus PI Dokumen Pendirian SMPN di Kota Makassar

Persyaratan substantif terpenuhi jika tugas dan fungsinya bersifat operasional dalam menyelenggarakan layanan umum yang menghasilkan semi barang/ jasa publik.

Persyaratan teknis terpenuhi apabila karakteristik tugas dan fungsinya dalam memberikan pelayanan lebih layak apabila dikelola dengan menerapkan BLUD, serta berpotensi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan kinerja keuangan apabila dikelola dengan menerapkan BLUD.

Persyaratan administratif terpenuhi apabila membuat dan menyampaikan dokumen–dokumen seperti:

1.Surat pernyataan kesanggupan untuk meningkatkan kinerja,
2.Pola Tata Kelola
3.Standar Pelayanan Minimal,
4.Rencana Strategi
5.Laporan Keuangan atau Prognosa/Proyeksi Keuangan
6.Laporan Audit Terakhir atau Pernyataan Bersedia Untuk di audit oleh Pemeriksa Eksternal. (jhb)