Rutan Selayar Gelar Upacara Bela Negara ke 73

0
36

Selayar, Berita-Kita | Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Selayar ikut serta memeriahkan hari Bela Negara ke-73 dengan melaksanakan Upacara peringatan Hari Bela Negara di lapangan rutan yang diikuti seluruh petugas dan warga binaan pemasyarakatan (WBP). Senin (20/12/2021).

Kepala Rutan Selayar, Nana Herdiana menjadi inspektur upacara Hari Bela Negara sekaligus membacakan amanat Presiden Republik Indonesia.

Nana Herdiana, dalam pembacaan amanat mengungkapkan “Jadikan momentum heri bela negara ini untuk meningkatkan semangat kita bersama dalam membela negara dan membangun bangsa.”

Setiap tanggal 19 Desember, bangsa Indonesia memperingati salah satu hari besar nasional yaitu Hari Bela Negara. Dasar penetapannya adalah keputusan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui Keppres No.28 tahun 2006. Itu artinya, tahun 2021 ini adalah peringatan yang ke-15.

Mengapa tanggal 19 Desember yang dipilih ?. Hal ini tak lain mengacu pada peristiwa sejarah yang terjadi pada 19 Desember 1948 silam, yaitu berdirinya Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Bukittinggi, Sumatera Barat.

Dimana pada waktu itu Belanda melancarkan Agresi Militer II dan mengumumkan tidak adanya lagi Negara Indonesia. Setelah Yogyakarta jatuh ke tangan Belanda, Presiden Soekarno akhirnya memberikan mandat penuh kepada Syafrudin Prawiranegara untuk menjalankan pemerintahan dengan membentuk Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI).

“Tugas bela negara bukan hanya tugas TNI dan Polri semata, namun bela negara merupakan tugas dan kewajiban kita semua sebagai warga negara Indonesia.” Tambah Nana.

Kegiatan upacara peringatan Hari Bela Negara berjalan dengan aman dan lancar dengan tetap memperhatikan prokol kesehatan, selanjutnya Rutan Selayar akan mempersiapkan upacara berikutnya yaitu upacara Peringatan Hari Ibu (PHI) pada hari Rabu tanggal 22 Desember mendatang. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.