Prabowo & Dubes India, Bahas Peningkatan Kerjasama Pendidikan dan Latihan

Jakarta, Berita-Kita | Menteri Pertahanan Republik Indonesia H. Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan Duta Besar (Dubes) India untuk Indonesia H.E. Mr. Pradeep Kumar Rawat, Rabu (13/11/2019) di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta.

Dalam pertemuan singkat ini, kedua pihak membicarakan berbagai upaya untuk mempererat dan meningkatkan hubungan kerjasama bilateral antara Indonesia dan India khususnya di bidang pertahanan yang sudah terjalin baik selama ini.

Didahului dengan menyampaikan ucapan selamat kepada H. Prabowo Subianto atas pelantikannya sebagai Menhan RI , Dubes India lebih lanjut menyampaikan keinginan India untuk meningkatkan kerja sama pertahanan dengan Indonesia khususnya di bidang pelatihan dan pendidikan, yakni melalui pertukaran siswa dan pengajar.

Di bidang lainnya, menurutnya kerja sama di bidang maritim juga perlu ditingkatkan karena memiliki peluang yang sangat besar untuk mendukung dan memperbesar peranbkedua negara dalam mewujudkan stabilitas keamanan di kawasan khususnya Indo-Pasifik.

Sementara itu menyambut kunjungan Dubes India, Menhan RI menyampaikan terimakasih atas kunjungan Dubes India ke kantor Kemhan RI. Melalui kunjungan ini, diharapkan hubungan kerjasama dan persahabatan antara Indonesia dan India dapat terus terpelihara dengan semangat persaudaraan dan prinsip saling menghormati.

Senada dengan Dubes India, Menhan RI juga mengatakan bahwa kedua negara memiliki peluang yang besar untuk meningkatkan kerjasama maritim. Terlebih melalui gagasan poros maritim dunia, saat ini Pemerintah Indonesia juga sedang berupaya untuk memperkuat jati diri sebagai negara maritim.

Untuk di bidang pendidikan dan pelatihan, meskipun sudah berjalan namun menurut Menhan RI juga perlu ditingkatkan lagi. Kedua negara telah melakukan kerjasama pertukaran siswa untuk mengikuti beberapa program pendidikan. Sampai dengan tahun 2019, tercatat sebanyak 368 Prajurit TNI mengikuti pendidikan di India, dan sebaliknya 50 Prajurit India mengikuti pendidikan di Indonesia.

Turut mendampingi Menhan RI saat menerima Dubes India antara lain Dirjen Kuathan Kemhan, Kabaranahan Kemhan, Dirkersin Ditjen Strahan Kemhan dan Karo Humas Setjen Kemhan. Sementara itu, Dubes India didampingi Atase Pertahanan India di Jakarta. (**)

Related Posts

Stay Connected

20,831FansSuka
3,868PengikutMengikuti
19,000PelangganBerlangganan
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Recent Stories