Jeneponto, Berita-Kita | Wakil Bupati Jeneponto, H. Paris Yasir hadiri Rapat Paripurna Tingkat I penyerahan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Perubahan APBD kabupaten Jeneponto Tahun Anggaran 2021, di Ruang Rapat Utama Gedung DPRD Jeneponto, Rabu (29/09/2021).

Diketahui Rapat Paripurna Tingkat I yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Jeneponto Irmawati Zainuddin adalah dalam rangka menindaklanjuti kesepakatan Perubahan KUA/PPAS Tahun Anggaran 2021 pada hari Senin Tanggal 27 September 2021.

Pemerintah daerah melalui tim anggaran dan tim review Inspektorat daerah Kabupaten Jeneponto telah melaksanakan tahapan verifikasi dan review perubahan setelah itu dilakukan kompilasi RK menjadi Ranperda Perubahan APBD Tahun Anggaran 2021.

“Perubahan APBD ini disusun dalam rangka penyempurnaan dan penyesuaian terhadap beberapa asumsi target pendapatan alokasi belanja serta alokasi pembiayaan daerah yang didasarkan pada kebijakan nasional regional dan kebijakan daerah yang disesuaikan dengan kondisi dan situasi perkembangan daerah saat ini, “ujar Wabub Jeneponto

See also  SLB Sulsel Siap Dukung Penuh Program Plt Gubernur Sulsel, Literasi Kitab Suci

Lebih jauh Paris menjelaskan bahwa berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 64 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2021 menegaskan bahwa persetujuan kepala daerah bersama DPRD terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2021 ditetapkan paling lambat akhir bulan September 2021.

“Pengingat waktu yang singkat ini pada hari Kamis tanggal 30 September 2021 merupakan batas waktu terakhir dalam pengambilan persetujuan bersama terhadap ranperda ini, olehnya itu saya berharap Perda perubahan APBD ini bisa segera dibahas dan disetujui bersama dengan tetap memperhatikan kualitas baik secara sistematika maupun secara substansi, “harap Wabub Paris.

Adapun struktur perubahan APBD yang termuat pada Ranperda yang diserahkan hari ini yakni target pendapatan daerah yang direncanakan bertambah dan alokasi belanja daerah direncanakan juga mengalami penambahan.

See also  Hery Sumiharto: GEMA Athirah Patut Jadi Contoh Sekolah Literasi Numerasi

Di akhir sambutan Wakil Bupati Jeneponto Paris Yasir menyampaikan apresiasi atas terlaksananya rangkaian proses tahapan perubahan APBD yang diawali dengan pembahasan perubahan KUA-PPAS sampai pada kesepakatan bersama yang dilaksanakan beberapa hari yang lalu meskipun dalam keadaan batasan waktu yang sangat terbatas,” pungkasnya. (**)

sumber: upeks