Makassar, Berita-Kita | Sukses menggelar webinar nasional, panitia Hari Guru Nasional (HGN) Provinsi Sulawesi Selatan kembali menggelar webinar internasional dengan menghadirkan pemateri dari tiga benua, yaitu benua Asia, Australia dan Eropa.

Pemateri internasional dengan pakar di bidangnya masing-masing, yaitu Kevin Evans dari Australia, Indonesian Director of the Australia-Indonesia Centre, Aidan Mc Carthy pimpinan WW Education Industry Architect At Microsof Sigapore, ada juga Dr Nor Suhara BT Fadzil, Chief Assistant Director of the National STEM Centre, Education Policy Planning and Research Division Ministry of Malaysia, pemateri Belanda, ada Ponco Handayawati, guru di SILN Denhaag Netherlands. Dan pembicara kunci Direktur Jendral PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud, Jumeri, S.TP.,MSi.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Prof Dr Muhammad Jufri, MSi, MPsi, Psikolog membuka webinar internasional di ruang e-Panrita Disdik Sulsel, Jl. Perintis Kemerdekaan Km. 10 Tamalanrea Makassar, Senin (23/11/2020).

READ  L-Kompleks Siap Melaporkan Proyek Pembangunan Infrastruktur Dinas PUPR Jeneponto ke APH

Nampak hadir mendampingi Kadisdik Sulsel, Sekretaris Disdik Sulsel, H Hery Sumiharto, SE.M.Ed, Kepala Bidang Pembinaan SMA, H Sabri, SPd.MPd, Kepala Bidang Pembinaan SMK, Dra Hj Andi Ernawati, MPd, Kepala Bidang GTK & Fasilitasi, Dr Melvin Salahuddin, Kepala Bidang PKLK, Dr H Basri, SPd.MPd, Kepala UPT PTIKP, Dra Hj Andi Hidayati, MPd, dan Kasi Layanan TIK PTIKP, H Anshar, S.Kom.MI.Kom.

Webinar Internasional yang dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2020 ini merupakan kegiatan pertama kali yang dilakukan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan dengan level internasional.

Kadisdik Sulsel, Prof Jufri mengatakan, Webinar Internasional ini merupakan kegiatan yang patut mendapatkan apresiasi yang tinggi sebagai salah satu kegiatan untuk menyemarakkan peringatan Hari Guru Nasional tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.
Ia mengharapkan, para partisipan yang berjumlah kurang lebih 1000 orang ini dapat memanfaatkan moment yang sangat berharga ini dengan menyimak berbagai best practice atau pengetahuan-pengetahuan baru, khususnya dalam penyesuaian belajar di saat pandemi covid-19.

READ  L-Kompleks Siap Melaporkan Proyek Pembangunan Infrastruktur Dinas PUPR Jeneponto ke APH

Prof Jufri mengemukakan, saat ini kita butuh waktu untuk melakukan penyesuaian-penyesuaian terhadap perkembangan teknologi dikaitkan dengan tugas-tugas keseharian kita sebagai guru. “Jadi guru-guru kita harus mulai beradaptasi untuk bertansformasi dari cara-cara tradisional ke cara-cara modern seperti yang dilakukan di e-panrita hari ini.
Teknologi ini (e-panrita), kata Prof Jufri, kita gunakan untuk mempersatukan kita dengan seluruh wilayah yang ada di Sulsel, semakin mendekatkan kita, Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan dengan Dinas Pendidikan kabupaten kota se Sulsel dengan temuan-temuan baru.

Kendati jumlah partisipan tidak sebanyak dengan webinar nasional lalu, namun Prof Jufri bangga dan menilai luar biasa para partisipan yang mengikuti webinar internasional. Sebab sebagian besar para kepala UPT SMA, SMK dan SLB se Sulsel ini telah mengikuti kursus bahasa Inggris, sehingga harapan kita lebih tepat untuk mengaplikasikan apa yang sudah kita dapatkan itu, di sini.