DANREM 172/PWY BERHARAP MASYARAKAT SUSKUN MENJAGA DAN MERAWAT HASIL PROGRAM TMMD

28

Keerom, Berita-Kita | Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring secara resmi menutup kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-114 Kodim 1701/Jayapura di Kampung Suskun, Distrik Arso Timur, Kab. Keerom, Rabu (24/08/2022).

Penutupan ditandai dengan penandatanganan dan penyerahan berita acara serah terima hasil pelaksanaan TMMD regular ke-144 dari Dandim 1701/Jayapura kepada Bupati Kab. Keerom Piter Gusbager, S.Hut., MUP.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Danrem 172/PWY menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah membantu secara moril dan materil sehingga kegiatan TMMD ke-114 ini dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

“Kegiatan acara penutupan TMMD ke-114 Tahun 2022 diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kebersamaan dan gotong royong serta kemanunggalan antara TNI dan Rakyat dalam mengakselerasi program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat,” ungkap Danrem.

Danrem 172/PWY menambahkan, hasil dari Program TMMD ke-114 ini harus dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat.

“Hasilnya telah kami serahkan, sekarang kembali kepada masyarakat sendiri, mereka harus menjaga dan merawat hasil pembangunan program TMMD ini, agar nilai manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat dalam jangka waktu yang lama,” pungkas Danrem.

Hal senada turut disampaikan oleh Bupati Kab. Keerom, Piter Gusbager, S.Hut., MUP., pihaknya berharap kepada masyarakat Keerom untuk menjaga semua yang telah dibangun ini dengan baik.

“Ini sebagai bukti kalau pemerintah hadir melalui program-program nyata seperti ini. Untuk itu, masyarakat harus menjaganya dengan baik, kalau kita tidak rawat maka sia-sialah apa yang kita lakukan hari ini,” katanya.

Pihaknya turut memberikan apresiasi yang tinggi kepada TNI yang konsisten melaksanakan TMMD setiap tahunnya di wilayah Kab. Keerom.

“Selama kepemimpinan saya, ini adalah TMMD yang kedua, sebelumnya di Kampung Sawanawa, Distrik Arso. Dari tahun ke tahun selalu ada optimisme yang menjadi sebuah kekuatan adanya sinergi yang positif yang perlu dipelihara anatar TNI-Polri dan Pemda Keerom,” ujarnya.

“Komitmen pemerintah akan mendukung TMMD tahun depan. Bahkan kita berkeinginan dan bekomitmen untuk menaikkan anggaran di tahun depan dan kita juga akan menunjuk area lain selain di wilayah ini sehingga ada pemerataan dan percepatan pembangunan di wilayah Kab. Keerom,” pungkas Bupati.

Adapun sasaran fisik TMMD Ke-114 Kodim 1701/Jayapura berupa Pembangunan dan perbaikan infrastruktur diantaranya yaitu perehaban Gereja Katholik Santo Fransiskus Asisi, Pembangunan Rumah Pastori tipe 36 dan Pembangunan Balai Adat. Sedangkan sasaran non fisik berupa penyuluhan kepada masyarakat tentang pertanian, KB kesehatan, kesadaran hukum, pengobatan massal, stunting, posyandu dan Posbindu penyakit tidak menular. (**)