Babinsa Bersama Poktan Kampung Okyako Mencoba Mesin Gilingan Padi

28

Batom, Berita- Kita | Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1715-05/Batom bersama Kelompok Tani Kampung Okyako mencoba mesin penggilingan padi bantuan dari Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang melalui Dinas Pertanian, bertempat di Gudang Pertanian Kampung Okyako, Distrik Batom, Kab. Pegunungan Bintang, Selasa (23/08/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Distrik Batom Yuben Kimki, S.E, Danramil 1715-05/Batom Kapten Inf Musa Siep beserta Babinsanya, Kapospol Brigadir Yosman, Kepala Kampung Okyako beserta Kelompok Tani Okyako.

Danramil menyebutkan bahwa Kampung Okyako mendapat bantuan sebanyak dua unit mesin penggilingan padi dari Dinas Pertanian Kab. Pegunungan Bintang.

“Kita bersyukur atas upaya dan kerja keras seluruh pihak sehingga kampung ini bisa mendapatkan bantuan dua mesin penggiling sehingga dapat mendukung kelompok tani dan masyarakat kampung Okyako. Karena seperti yang kita ketahui penghasilan beras di kampung ini cukup menjanjikan,” ujarnya.

Dandim 1715/Yahukimo Letkol Inf Johanis V. Tethool menyampaikan bahwa saat ini lahan pertanian padi di kampung Okyako seluas 5 hektar.

“Dengan adanya bantuan mesin penggilingan padi ini tentu akan berdampak bagi kemajuan sektor pertanian terutama dalam upaya kita untuk mensukseskan program swasembada pangan,” ujarnya.

Pihaknya berharap, mesin padi ini bisa digunakan sebaik mungkin dikarenakan mesin padi tersebut rentan akan kerusakan sehingga diharapkan mesin padi tersebut harus memiliki teknisi yang mengerti dan bisa mempergunakan mesin padi tersebut agar bisa terawat dengan baik.

“Untuk mengatasi hal ini, kami akan mencoba berkoordinasi dengan pihak terkait atau kita juga bisa memberdayakan Babinsa dan Babinkamtibmas bersama masyarakat untuk dibekali ilmu teknisi mesin padi tersebut,” pungkasnya. (**)