Enrekang, Berita-Kita | Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Prof Dr Muhammad Jufri, MSi, MPsi, Psikolog mengaku bangga dan memberi apresiasi yang tinggi atas sambutan dan penerimaan yang luar biasa ketika melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Enrekang.

“Sungguh saya sangat berbahagia pada malam hari ini disambut dengan penuh keakraban dan kekeluargaan dengan menghadirkan Bupati Enrekang dan Wakil Bupati Enrekang serta Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Enrekang,” ujar Prof Jufri ketika memberikan sambutan pada acara Tudang Sipulung di Villa Bambapuang Enrekang, Kamis malam (22/10/2020).

Kalau di Tana Toraja dan Toraja Utara, kata Prof Jufri, kami dijemput dua bupati lengkap dengan Sekretaris Daerah dan juga Kepala Dinas Pendidikan setempat. Tapi di sini, lebih spesifik lagi, yaitu menghadirkan paket lengkap, bupati dan wakil bupati dan juga Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Enrekang. Ini luar biasa, katanya.

READ  Tony Iswandi Apresiasi KPK Atas Penangkapan Terduga Korupsi, Nurdin Abdullah

Pertemuan silaturahmi yang dikemas dalam bentuk dialog pendidikan ini berlangsung penuh keakraban dan kekeluargaan dengan tema ‘Harmonisasi Membangun Pendidikan di Kabupaten Enrekang.

Dalam kata pengantar diskusi, kedua pimpinan saling memuji dan saling mengapresiasi. Bupati Enrekang, Muslimin Bando dalam kata pengantarnya mengatakan, Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Nurdin Abdullah, tidak salah memilih Prof Jufri sebagai Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, di samping sebagai akademisi, beliau juga sangat mengerti pendidikan.

“Insya Allah pendidikan di Sulawesi Selatan akan mengalami kemajuan di tangan Prof Jufri,” ujar Muslimin Bando.

Kadisdik Sulsel, Prof Jufri pun memuji Bupati Enrekang yang sangat peduli kepada pendidikan, ternyata beliau adalah sosok yang berlatar belakang pendidikan atau guru. Pantaslah, kata Prof Jufri, pendidikan di Kabupaten Enrekang mengalami kemajuan pesat.

Muslimin Bando mengaku selalu memberikan dorongan kepada warganya untuk menuntut pendidikan setinggi-tingginya.

READ  Tony Iswandi Apresiasi KPK Atas Penangkapan Terduga Korupsi, Nurdin Abdullah

“Tidak ada orang jatuh miskin karena orang kuliah,” tegasnya.

Karena itu, katanya, sub tema diskusi malam hari ini, yaitu Sinergitas Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan dengan Pemerintah Kabupaten Enrekang sangatlah tepat.

Menurutnya, mengelola pendidikan memang harus harmonis, sejalan, seiring, sama-sama melakukan perbaikan untuk bersama-sama juga mencapai hasil diharapkan.

“Tadi sudah dijelaskan, walaupun administrasinya ada di provinsi, tapi Kepala UPT-nya ada di Kabupaten Enrekang, guru-gurunya juga ada di Enrekang, sarana prasarananya bahkan orang siswa ada di Enrekang, jadi apalagi yang mau disusah-susahkan, jadi harus selalu harmonis,” tutur Muslimin Bando.

Supaya selalu harmonis, Muslimin Bando mengharapkan harus selalu bersinergi antara satu dengan yang lain, antara provinsi dengan kabupaten, kota.

Kadisdik Sulsel Prof Jufri menyambut baik keinginan yang kuat dari Muslimin Bando untuk selalu bersinergi demi terciptanya harmonisasi di Enrekang.

Mantan guru SMA Athirah Makassar ini menyambut baik keinginan kuat dari Pemerintah Kabupaten Enrekang yang ingin menciptakan harmonisasi pengelolaan pendidikan di Bumi Massenrengpulu.

READ  Tony Iswandi Apresiasi KPK Atas Penangkapan Terduga Korupsi, Nurdin Abdullah

“Suasana harmonisasi ini tentu kita butuhkan untuk menciptakan sinergitas yang kuat antara Dinas Pendidikan Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten Enrekang untuk membuat pendidikan kita ini bisa berjalan dengan baik,” tutur Prof Jufri.

Hadir sebagai peserta diskusi pendidikan, para Kepala UPT, SMA, SMK dan SLB se Kabupaten Enrekang, Ketua MKKS SMA, SMK Kabupaten Enrekang, Ketua MKPS Enrekang, juga hadir Sekretaris Disdik Sulsel, H. Heru Sumiharto, SE.M.Ed, Kepala Bidang Pembinaan SMA, H. Sabri, SPd.MPd, Kepala Bidang SMK, Dra. Hj Andi Ernawati, MPd, Kepala UPT PTIKP, Dra Hj Andi Hidayati, MPd, juga hadir tenaga ahli Disdik Sulsel, Dr Sarifuddin dan Dr Muh. Jayadi. (**)