Makassar, Berita-Kita | Kasus sengketa informasi antara pemohon informasi (Ruslan Rahman) melawan termohon Informasi (Dinas Pendidikan Kota Makassar) kembali bergulir di Komisi Informasi Publik Provinsi Sulawesi Selatan (KIP Sulsel), dimana diagendakan pembacaaan sidang pembacaan putusan perkara informasi nomor: 106/XII/KIP-SS/2019 yang akan dijadwalkan pada Jumat/16 April 2021 bertempat di Ruang Sidang Komisi Informasi Provinsi Sulsel, Gedung A Lantai V Kantor Gubernur Sulsel.

Informasi panggilan sidang pembacaan putusan sengketa perkara informasi nomor: 106/XII/KIP-SS/2019 ini diterima pemohon informasi, Ruslan Rahman melalui Whats App (WA) yang dikirim oleh Komisi Informasi tertanggal 13 April 2021.

Ruslan Rahman selaku pemohon Informasi yang juga selaku Sekjen Lsm Kompleks dan Sekjen DPP POIN yang dihubungi mengatakan, meski sidang kasus ini terlambat, namun Ruslan antusias dengan langkah Komisi Informasi Provinsi Sulsel yang telah mengagendakan sidang pembacaan putusan sengketa ini.

Untuk diketahui, sidang pembacaan putusan sengketa informasi publik ini adalan rangkaian beberapa sidang dan mediasi yang dilakukan KIP sulsel terkait permohonan Informasi yang diajukan oleh pemohon informasi, Ruslan Rahman, namun permohonan informasi yang dimohonkan tidak ditanggapi oleh termohon informasi, Dinas Pendidikan Kota Makassar hingga kasus ini disidangkan melalui Komisi Informasi Sulsel.

Adapun informasi yang dimohonkan pemohon informasi, Ruslan Rahman ke Dinas Pendidikan Kota Makassar adalah informasi terkait, Dokumen pendirian beberapa sekolah menengah pertama negeri (SMPN) yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kota Makassar.

Untuk hal itu Ruslan berharap dengan adanya sidang pembacaan putusan sengketa informasi publik ini menjadi barometer kepada seluruh instansi pemerintah, agar seluruh permohonan informasi publik yang dimohonkan oleh masyarakat dapat segera dipenuhi agar tidak berlanjut ke proses sidang pada Komisi Informasi.

Lebih Lanjut Ruslan berharap, agar semua permohonan sengketa yang dilayangkan pada Komisi Informasi Sulsel segera di proses agar mendapat kepastian hukum.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Nielma Palamba yang dihubungi melalui Whats App (WA) nya, guna mendapat tanggapannnya terkait kasus permohonan informasi yang berujung pada sidang pembacaan putusan, hingga berita ini ditayangkan tidak memberikan respon. (rr)