Posko 2 PBL FKM, UNHAS Edukasi Pengelolaan Sampah di Kelurahan Bonto Perak

6

Makassar, Berita-Kita | Senin, 16 Januari 2023 lalu, Mahasiswa Praktik Belajar Lapangan (PBL) II posko 2 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) melaksanakan kegiatan edukasi pengelolaan sampah dan pelatihan pembuatan pupuk dari limbah organik di Kelurahan Bonto Perak Kecamatan Pangkajene.

Kegiatan penyuluhan ini dihadiri oleh Lurah Bonto Perak yakni Musmuliadi S.T, Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) yaitu Bintang Maraja, SP., M.Si dan Sitti Saenab, Babinsa, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), majelis taklim Bonto Perak, warga Bonto Perak, dan seluruh mahasiswa posko 2 PBL FKM Unhas yaitu Widya Nanda Sukardi, Aisyah Apsah Amiruddin, Devi Amalia, Rahmah Dini Irhamna Paradita, Suci Aulia Galman dan Nabilah.

See also  Satgas Yonif Raider 321/GT Berbagi Pakaian, Pererat Silahturami Dengan Masyarakat Papua Pegunungan

Kegiatan awal diisi dengan perkenalan dan penyampaian tujuan dari penyuluhan yang dilakukan, Kemudian dilanjutkan dengan pengisian pre-test oleh peserta penyuluhan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan peserta sebelum menerima materi.

Bagian utama dari kegiatan ini adalah penyampaian materi dengan menampilkan Power Point (PPT) terkait jenis-jenis sampah, manfaat pengolahan sampah, dampak buruk pengolahan sampah yang tidak teratur, dan cara memilah sampah yang benar.

“Cegah penyakit dengan kelola sampahmu,” Ujar Widya Nanda Sukardi di akhir penyampaian materinya.

Setelah itu, dilakukan pelatihan pembuatan pupuk Mikroorganisme Lokal (MOL) yang dibimbing langsung oleh tim Balai Penyuluhan Pertanian Pangkajene. Pembuatan pupuk MOL langsung dipraktikkan di aula kantor lurah Bonto Perak. Peserta dengan antusias memperhatikan cara pembuatan pupuk MOL.

See also  Satgas Yonif Raider 321/GT Berbagi Pakaian, Pererat Silahturami Dengan Masyarakat Papua Pegunungan

“Pupuk cair MOL sangat bagus digunakan untuk tanaman, apalagi ibu-ibu yang punya kembang di rumah,” ujar Bintang Maraja.

Penyuluhan diakhiri dengan pengisian post-test untuk melihat tingkat pengetahuan peserta setelah menerima materi. Peserta juga diberikan kesempatan untuk bertanya terkait hal-hal yang tidak dimengerti dari materi dan proses pembuatan pupuk cair MOL. Kegiatan ini ditutup dengan ucapan terima kasih dan foto bersama. (nabilah)