Makassar, Berita-Kita | Covid-19 belum berlalu, sementara Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020 di depan mata. Usai kebijakan belajar di rumah diterapkan kepada seluruh peserta didik, kini Pemprov Sulsel siap merealisasikan pendaftaran murid baru untuk tahun ajaran 2020/2021 itu sesuai jadwal yang telah disusun.

“Jadwal PPDB sudah ada dan kami sudah siap, Tinggal dijalankan dengan kerjasama dengan berbagai pihak,kami juga menghimbau agar calon siswa siswi dapat menerapkan protkol kesehatan dan tetap memperhatikan dokumen dokumen yang sudah ditentukan karena ada dokumen yang harus diupload via online, Terang Kepala Bidang Sekolah Menangah Atas Disdik Sulsel, Sabri, Senin, (15/06/2020).

Pernyataan Sabri itu bak mewakili semangat Pemrov Sulsel dalam menekan dampak buruk corona terhadap kebutuhan vital warganya. Di dunia pendidikan Pemprov sejak awal sudah memberlakukan sistem pembelajaran di rumah bagi seluruh siswa-siswi, lantaran mereka adalah salah satu kelompok rentan terpapar Covid-19.

Kini harus usahakan meminimalkan ekses negatif itu berlanjut dalam PPDB 2020. Tentunya Pemprov membuat sejumlah penyesuaian dalam melangsungkan tahapan PPDB tahun ini.

“Salah satu penyesuaian yang paling mendasar adalah Sebisa mungkin calon siswa – siswi untuk tidak berkumpul karena kita sudah sampaikan kepada seluruh sekolah untuk ikut membantu menyediakan internet supaya calon siswa ini gampang akses link yang disiapkan,” Jelasnya.

Diketahui saat ini Pemprov Sulsel telah membuka 3 jalur pendaftaran diantaranya jalur pendaftaran boarding school, jalur pendaftaran non zonasi seperti afirmasi, non akademik, prestasi dan perpindahan orang tua serta jalur pendaftaran zonasi. (**)