Jakarta, Berita-Kita | Presiden Joko Widodo mengingatkan potensi krisis pangan di tengah wabah virus Corona saat menggelar rapat terbatas (ratas) mengenai perkembangan penanganan virus Corona, Senin (13/04/2020).

Melalui Menteri Dalam Negri (Mendagri) Tito Karnavian, Jokowi meminta untuk mengingatkan Gubernur, Bupati, Wali kota menjaga ketersediaan pangan.

“Saya ingatkan lagi, mungkin ini Pak Mendagri agar gubernur, bupati, wali kota diingatkan untuk menjaga ketersediaan bahan-bahan pokok, membuat perkiraan-perkiraan ke depan. Sehingga kita bisa memastikan tidak terjadi kelangkaan bahan pokok dan harga yang masih terjangkau,” kata Jokowi.

Jokowi turut membahas peringatan dari organisasi pangan dunia atau FAO yang menyoal adanya potensi krisis pangan dunia akibat wabah COVID-19.

“Juga ini peringatan dari FAO agar betul-betul kita perhatikan, bahwa pandemi COVID-19 ini bisa berdampak pada kelangkaan pangan dunia atau krisis pangan dunia. Ini betul-betul harus kita pastikan,” tutur Jokowi.

READ  Menteri Pertanian Lakukan Panen Perdana di Dusun Bontoa, Desa Kayuloe Barat, Jeneponto

Dalam ratas tersebut, lebih lanjut Presiden Jokowi memungkinkan panen pada musim ini masih dalam keadaan baik. Namun, Jokowi mengingatkan panen selanjutnya bisa saja bermasalah.

“Tapi panen pada penanaman yang bulan Agustus, September nanti betul-betul dilihat secara detil sehingga tidak mengganggu produksi, rantai pasok maupun distribusi dari bahan-bahan pangan yang ada,” tutup Jokowi. (fahria/**)