Gempa Berkekuatan 5,9 Magnitudo Mengguncang Majene, Sulawesi Barat

Maneje, Berita-Kita | Gempa bumi berkekuatan 5,9 magnitudo mengguncang Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, Kamis (14/01/2021)

Kejadian ini terjadi sekitar pukul 14.35 WITA. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika menginformasikan Pusat gempa berada di darat 4 km Barat Laut Majene. di titik 2.99 Lintang Selatan (LS), 118.89 Bujur Timur (BT).

Meski dikabarkan tidak menimbulkan tsunami. Namun gempa mengakibatkan tanah longsor.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat hingga saat ini masih melakukan evakuasi dan pendataan terhadap warga.

“Sampai saat ini anggota kami masih menginventarisir kerusakan yang ditimbulakn akibat gempa magnitudo 5,9 di wilayaj Kabupaten Majene yang guncangannya terasa sangat kuat hingga Mamuju,” ucap Kepala Pelaksana Harian BPBD Mamuju Ali Rachman, Kamis (14/01/21).

READ  Pandawa Pattingalloang, Laskar 99 Bawakaraeng Makassar dan Lsm Bidik Berhasil Temukan Anak Dibawah Umur Yang Disekap

Berdasarkan informasinya, kerusakan yang paling parah berada di wilayah Kecamatan Tapalang. Sejumlah rumah warga rusak parah dan diantaranya ada rumah jabatan Ketua DPRD Sulbar.

Dirinya menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik, serta tidak mudah terpengaruh oleh pemberitaan di sosial media.

“Jadi kami mengingatkan masyarakat agar tidak mudah percaya informasi yang tidak jelas sumbernya. Pihak BMKG sudah menyatakan gempa tektonik itu terjadi di darat dan tidak berpotensi tsunami, tetapi masih banyak masyarakat yang panik,” ujarnya.

Pasca kejadian, jaringan telekomunikasi sempat terputus, took kelontong beserta minimarket masih tutup karena khawatir dengan adanya gempa susulan. (**)

Related Posts

Stay Connected

20,831FansSuka
3,868PengikutMengikuti
19,000PelangganBerlangganan
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Recent Stories