Direktur Air Limbah PDAM Makassar Ikuti Rakor Kelembagaan Pengelolaan IPAL Losari

30

Makassar, Berita-Kita | Pelaksanaan pekerjaan pemasangan jalur saluran air limbah atau dikenal dengan nama program Metropolitan Sanitation Management Investmen Project Kota Makassar yang merupakan program dari Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR mendapat perhatian dari Pemerintah Kota Makassar.

Pemerintah Kota Makassar melalui Sekretaris Daerah, M. Ansar mengumpulkan seluruh elemen terkait dalam Rapat Koordinasi kelembagaan pengelolaan IPAL Losari, di Ruang Rapat Sekda Kota Makassar, Senin (15/08/2022).

M. Ansar meminta agar semua pihak segera melakukan koordinasi intens dan mengatur pembagian tugas dalam tim.

“Semua harus masuk dalam tim dan musyawarahkan agar semua terakomodasi dengan bidang tugas dan tanggung jawab masing-masing, sehingga target peningkatan pelayanan air limbah domestik dengan sistem terpusat pada kawasan perkotaan dapat tercapai” ujar Ansar.

See also  PDAM Makassar Gelar In House Training “Best Practice” Pengelolaan SPAM

Sementara itu, PDAM Kota Makassar yang dalam hal ini diwakili oleh Direktur Air Limbah, Ayman Adnan turut hadir dalam rapat tersebut. Rapat koordinasi tersebut banyak membahas perihal pembagian tugas masing-masing lembaga dalam keterlibatan selaku pengelola air limbah.

“Jadi di PDAM sendiri keterlibatan dalam pengelolaan air limbah adalah hal baru, karena ini adalah perintah dari Pak Wali Kota Makassar, maka kami siap berkoordinasi secara intens dengan lembaga terkait dan sudah menjadi tanggung jawab bagaimana kami berperan penting dalam pengelolaan air limbah agar menjadi air bersih yang bermanfaat bagi masyarakat Makassar,” ujar Ayman.

Sedangkan ditempat yang sama, Kepala Dinas PU Kota Makassar, Zuhaelsi Zubir mengatakan siap menjalankan perintah Wali Kota Makassar.

See also  Dirtek Bersama Dewas PDAM Makassar Tinjau IPA III Antang

“Kami siap menjalankan perintah dari Pak Wali, dikarenakan ini merupakan pembagian tugas maka kami siap berkoordinasi secara baik dan intens kepada pihak-pihak terkait agar harapan pemanfaatan air limbah dapat tercapai dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat Kota Makassar nantinya,” katanya.

PPK Sanitasi PPPWII Provinsi Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Setia Dinoor mengharapkan agar PDAM dan UPT Pengelolaan Air Limbah segera mempersiapkan personel untuk proses pembelajaran.

“Jadi harapan kami setelah pertemuan ini, pihak PDAM dan UPT Pengelolaan Air Limbah dapat segera mengirimkan personel untuk study tata kelola air limbah agar setelah penyerahan tanggung jawab secara penuh semua bisa langsung bekerja. Namun dengan catatan personel tadi jangan dipindah-pindahkan,” jelasnya.

See also  PDAM Makassar Gelar In House Training “Best Practice” Pengelolaan SPAM

Hamka Darwis sebagai Kepala UPTD Air Limbah Dinas PU Kota Makassar mengatakan bahwa kami memang sudah mulai menjejaki komunikasi dengan Direktur Limbah PDAM Makassar dan beberapa pejabatnya untuk menyatukan persepsi dan langkah apa yang akan ditempuh kedepan.

“Insya Allah semua akan berjalan baik selama terus berkoordinasi,” ungkapnya.

Pertemuan yang di pimpin oleh Sekda Kota Makassar tersebut juga di hadiri oleh beberapa lembaga seperti, Kepala UPT Air Limbah, BPKAD Kota Makassar, Bappeda Kota Makassar, Bagian Organisasi Kota Makassar, Bagian Perekonomian Sekda Kota Makassar, Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar, dan berbagai pihak terkait lainnya. (**)